Mengenal Aneka Dari Kuliner Yang Berbahan Darah Dari Seluruh Dunia


Aneka kuliner yang berbahan darah, pada umumnya darah dianggap barang yang sangat menjijikan dan juga banyak orang yang tidak suka, darah juga seringkali dianggap tidak higienis dan juga berbahaya karena dapat menjadi sarana pada penyebaran penyakit, namun meski begitu dalam dari beberapa kebudayaan darah, justru ini merupakan bagian yang penting didalam kuliner khas mereka, terdengar sangat menjijikan sekali memang.

Namun pada masakan dengan bahan dari darah ini ada beberapa diantaranya bahkan juga merupakan dari masakan favorit disebuah Negara-negara didunia, keunikan dari berbagai kuliner yang berbahan darah ini yang akan kita bahas di anehnyatadidunia, berikut ini kisahnya dengan berbagai nara sumber yang sudah kami rangkum untuk kalian :

Aneka Kuliner Yang Berbahan Darah


Tiet Canh-Vietnam


Tiet canh adalah kuliner ciri khas dari Vietnam yang berbahan dasar dari bebek, kuliner ini khasnya di wilayah utara Vietnam yang sering juga di kenal dengan sebutan sup darah, karena biasanya ini di sajikan didalam mangkuk kecil yang bersama dengan daging bebek, sayuran dan juga beberapa rempah dan kacang almond.

Namun meski disebut sebagai dari sup darah, tiet canh ini sebenarnya bukanlah sup melainkan dari puding darah, untuk membuatnya, darah bebek yang baru saja di sembelih ini akan dituangkan ke mangkuk sampai mengumpal dan juga membentuk konsistensi pada layaknya puding, untuk para sahabat di anehnyatadidunia setelah darah yang mengumpal, barulah daging bebek ini yang telah di rebus serta dengan bahan yang lainnya.

Menurut dari orang-orang yang pernah untuk mencoba kuliner yang unik dan aneh ini, meski ini terbuat dari darah, tiet canh juga sama sekali tidak berbau amin dan juga anyir, rasa tiet canh, menurut mereka yang justru sangat terasa sangat menyegarkan, karena di sajikan didalam keadaan dingin, tapi meski dengan begitu sayangnya makanan ini sudah terancam akan punah, karena sebagian dari besar generasi muda Vietnam ini enggan untuk mencicipi tiet canh karena merasa sangat jijik dan juga takut.

Betamax-Filipina


Filipina sangat terkenal dengan kuliner mereka yang tergolong sangat ekstrim, dan salah satunya adalah balut, (embrio bebek yang di rebus) yang sudah mendunia, nah selain balut masih ada juga kuliner yang sangat tergolong ekstrim, yaitu Betamax ataupu dikenal dengan sebagai sate darah, makanan yang biasanya dijajakan di jalan-jalan yang ada di Filipina ini terbuat dari darah ayam yang sudah dibekukan, di potong-potong dan juga di tusuk dengan menggunakan bamboo, mirip sama seperti sate.

Asal usul dari nama Betamax ini sendiri juga tergolong sangat aneh tapi nyata, karena jajanan ciri khas Filipina ini sudah diberi nama berdasarkan dengan perekam video yang bernama Betamax yang sudah dikembangkan oleh sony di tahun 1975, bentuk Betamax yang kotak dan juga berwarna coklat tua ini sering di samakan dengan perangkat pada perekam siaran TV milik sony ini.

Cabidela-Portugal


Cabidela adalah ciri khas makanan Portugal yang sangat mirip dengan kare daging, dengan kuah yang bewarna coklat kental, hanya saja masakan ini menggunakan darah sebagai dari salah satu bahan yang paling didalam campuran kuahnya, darah didalam cabidela ini biasanya berasal dari hewan kelinci, babi, ayam yang sudah di campur dengan cuka agar tidak menggumpal.

Darah ini kemudian juga di campurkan kedalam daging yang telah terlbih dulu ini dimasak dengan berbagai rempah khas mediterania, dari campuran darah inilah yang dibuat cabidela yang memiliki kuah berwar coklat, cabidela sendiri juga biasanya di sajikan bersama dengan nasi yang sudah di masak secara terpisah ataupun langsung di campur didalam cadibela pada saat di proses memasak.

Sundae-Korea Selatan


Sundae merupakan hidangan ciri khas dari korea selatan, yang berbentuk seperti sosis, tapi jika umumnya sosis berisikan daging, maka lain halnya sundae ini, justru di isikan dengan nasi, bihun, jeroan dan rempah-rempah khas korea selatan dan yang paling sangat penting adalah darah babi, hindangan ini sangatlah populer di korea selatan dan hampir di jual diseluruh pasar dan juga berbagai macam restoran yang ada.

Sundae sendiri juga dipercaya sudah sejak lama berada di korea dan juga merupakan dari salah satu masakan asli yang sudah di wariskan secara turun-menurun, menurut dari sejarahnya sundae ini di perkirakan sudah sejak era dynasty goryeo di tahun 918-1392, untuk para sahabat di anehnyatadidunia, kala itu ada kerajaan goryeo yang mengalami pada masalah saat populasi babi liar yang meningkat dan juga mulai merusak lahan pertanian.

Untuk dapat mengatasi masalah ini diadakan acara untuk berburu babi, untuk bisa mengurangi pada populasi hewan ini, alhasil pada kala itu jumlah dari daging babi yang menjadi sangat melimpah, saat itulah resep sundae ini sudah diperkirakan pertama kalinya dibuat.

Lawak Barak-Indonesia


Selain Negara-negara diatas Indonesia juga punya kuliner yang berbahan darah yang cukup terkenal yaitu dari lawar, hidangan ciri khas dari bali ini biasanya berupa dari campuran sayur-sayuran dan juga daging cincang, yang kemudian diberi darah babi ataupun ayam sebagai dari pelengkap.

Namun tidak semua lawar ini menggunakan darah dan ada pula lawar yang tidak menggunakan darah, bali sendiri juga terdapat ada beberapa dari jenis lawar yaitu lawar barak, lawar putih dan lawar penyu, nah untuk lawar barak disinilah yang menggunakan darah sebagai dari campuran didalam adonannya.

Sedangkan untuk lawar putih tidak menggunakan darah, karena ini merupakan dari bagian saran untuk upacara keagamaan, tidak di gunakannya darah dalam lawar putih ini sendiri berhubungan dengan kepercayaan bahwa dibeberapa pelinggih (tempat berstana dewa dewi), tidak membolehkan pada umat hindu ini untuk memberikan pada persembahan yang mengandung darah.

Dulu kuliner ini biasanya akan muncul pada acara upacara keagamaan karena ini merupakan dari bagian untuk pelengkap pada upacara tersebut, namun kini lawar ini sudah bisa kita temui nyaris disetiap restoran dibali pasti ada.

Black Pudding-Inggris


Saat membahas dari kuliner yang berbahan dari darah, tentu saja Tak lengkap jika kita tidak memasukan black pudding didalam daftar ini, hidangan ciri khas dari inggris ini mungkin saja bisa dibilang sebagai dari masakan berbahan darah yang cukup terkenal di dunia.
Yang memiliki pada bentuk mirip sekali dengan sosis, kuliner ini di buat dengan memasukan lemak babi dan juga sapi serta oatmeal didalam usus babi dan juga mencampurkannya dengan darah, sebelum di rebus hingga matang.

Di inggris kuliner ini sangatlah terkenal dan juga sangat populer dan juga terkesan sangat menjijikan ataupun menakutkan bagi kebanyakan, namun meski begitu makanan ini sejatinya adalah warisan dari kuliner kebudayaan dari suatu masyarakat yang sangat perlu kita hormati, kita juga hanya perlu bersikap bijak dan juga bila merasa itu jijik maka jangan untuk memakannya.

Dari aneka kuliner yang berbahan darah diatas sudah terbukti bahwa kuliner tersebut memanglah ada didunia, tapi bagi kita kuliner tersebut cukup aneh tapi nyata.

Referensi :
www.youtube.com/watch?v=ndXM-b5xV04
www.wikipedia.org/wiki/Ti%E1%BA%BFt_canh
www.wikipedia.org/wiki/cabidela

Comments