Makanan Yang Kita Makan Setiap Harinya Ternyata Bisa Juga Meracuni Manusia


Makanan yang kita makan setiap hari ternyata bisa juga meracuni manusia, makanan adalah bahan, biasanya berasal dari hewan atau tumbuhan, yang dimakan oleh makhluk hidup untuk mendapatkan tenaga dan nutrisi. Makanan menjadi sebuah hal yang pasti untuk kita konsumsi setiap harinya, karena dengan makanan yang kita konsumsi dapat menjadikan tubuh kita mendapatkan energi untuk kita melakukan aktivitas sehari –hari. Dengan kita mengkonsumsi makanan dapat menjadikan kita untuk mampu menjalankan segala kegiatan apapun, baik yang berat atau pun yang ringan.

Namun kita perlu berhati –hati dalam memilih makanan yang akan kita konsumsi, Karena rata –rata orang sudah menganggap jika makanan yang telah beredar di pasaran cenderung aman untuk di konsumsi dan tidak semua makanan mengandung energi dan membuat tubuh kita sehat, tetapi ada juga beberapa makanan yang mengandung racun dan dapat mematikan bagi tubuh.

Untuk kita bisa mengetahui makanan apa saja yang harus kita waspadai karena mengandung racun kita akan bahas di aneh tapi nyata didunia tentang Makanan Sehari -hari Yang Mengandung Racun dan Dapat Membuat Manusia Mati.

Makanan Yang Kita Makan Setiap Hari Ternyata Bisa Juga Meracuni Manusia


Singkong


Singkong adalah sejenis buah dari tanaman umbi –umbian yang tumbuh di dalam tanah. Singkong memiliki bentuk lonjong sepanjang lengan ank kecil, dagingnya menggelembung di bagian tengah dan mengerucut di kedua sisinya dan memiliki tekstur daging yang keras. Sangat mudah bagi kita dalam menemukan makanan yang satu ini, karena tergolong murah harganya dan menjadi makanan favorit bagi warga di dunia termasuk juga Indonesia.

Dengan berbagai macam cara olahan dari singkong mulai dari di goreng, direbus, di buat tape dan juga keripik hampir semua tetap laris di pasaran. Namun singkong dapat berbahaya jika kita mengkonsumsinya dalam keadaan mentah dan dalam jumlah yang banyak. Karena singkong mentah menghasilkan sianida dalam bentuk senyawa glikosa sianogenik yang dinamakan linimarin.

Kandungan senyawa glikosida sianogenik pada singkong memang berjumlah sangat kecil dan relatif tidak beracun, tetapi proses pencernaan yang terjadi di dalam tubuh manusia dapai mengurainya menjadi hidrogen sianida dan merupakan salah satu bentuk racun sianida yang paling beracun.

Jadi jika singkong dimakan dalam jumlah banyak dan di tambah dengan cara pengolahan yang tidak benar, hal tersebut akan meningkatkan resiko keracunan sianida yang bisa mengganggu fungsi tiroid dan saraf. Zat ini tidak hanya menyebabkan kelumpuhan dan kerusakan organ, namun juga bisa berakibat fatal seperti kematian.

Kentang


Kentang adalah salah satu jenis bahan baku untuk membuat berbagai macam jenis makanan dan juga menjadi bahan pangan utama untuk yang sedang menajalankan diet. Kentang sebagai salah satu sumber karbohidrat ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Manfaat dari kentang itu sendiri yaitu, dapat memperlancar pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan melindungi  dari polip usus serta kanker karena kentang memiliki kandungan serat.

Meskipun kentang meiliki banyak manfaat bagi tubuh kita, ternyata kentang termasuk dalam golongan makanan yang mengahsilkan racun dan biasanya suka terjadi pada kentang yang telah tercemar. Pasti sahabat aneh tapi nyata didunia pernah melihat kentang yang ada sedikit warna hijaunya, ternyata kentang seperti ini lah yang mengandung racun.

Solanin adalah racun kelompok glikoalkloid jahat, biasanya terdapat pada daging kentang yang berwarna sedikit hijau yang telah muncul ke permukaan dan siap untuk melakukan fotosintesis sehingga menghasilkan klorofil dan membuat solanin. Jika racun solanin ini terkonsumsi, maka dapat menyebabkan mual –mual, muntah, sakit perut, diare, radang tenggorokan, sakit kepala, pusing, sampai juga halusinasi.

Namun jika seseorang telah memakan zat beracun ini dengan jumlah yang banyak dan dalam waktu yang sangat lama akan menyebabkan keracunan pada tubuh manusia dan juga dapat menyebabkan kematian.

Mangga


Mangga adalah sejenis buah- buahan yang bentuknya lonjong namun menggelembung di tengahnya. Mangga memiliki ukuran buah yang berbeda –beda karena mangga sendiri memiliki berbagai jenis dan macam tergantung tempat tumbuhnya. Mangga merupakan anti oksidan alami yang bisa menurunkan resiko berbagai penyakit bagi tubuh seperti virus influenza, gatal –gatal yang menular dan juga sejenisnya. Mangga juga mengandung karbohidrat dan asam folat yang sangat cocok untuk di konsumsi bagi anda yang sedang hamil.

Selain memiliki rasa yang enak, mangga juga terkadang berbahaya karena getah lateksnya yang dapat menyebankan dermathitis atau iritasi kulit. Hasil dari pembakaran daun dan akar mangga pun juga bisa menghasilkan uap beracun yang sangat berbahaya jika terkena mata atau terhisap masuk ke paru –paru.

Zat yang terkandung pada mangga yaitu bernama Urushiol, zat yang berwarna putih lengket yang dapat membuat alergi. Zat ini bisa menimbulkan ruam dan juga mengakibatkan reaksi melepuh pada kulit. Dalam sebuah kasus orang yang alergi terhadapat zat Urushiol ini dapat menyebabkan syok anafilaksis, yaitu reaksi alergi yang menimbulkan kematian.

Burung Puyuh


Burung puyuh adalah unggas daratan yang memiliki ukuran kecil namun gemuk. Burung pemakan biji –bijian, terkadang juga pemakan serangga dan mangsa lain yang berukuran sangat kecil. Burung ini merupakan jenis burung yang tidak dapat terbang, karena memiliki ukuran tubuh yang kecil, berkaki pendek dan dapat diadu yang hanya memiliki sarang di permukaan tanah saja.

Burung puyuh merupakan hewan yang cukup kebal dengan racun, hal itu mengakibatkan burung puyuh tetap aman dan tidak mengalami reaksi apapun jika mereka memakan makanan yang beracun dan mematikan. Karena kekebalan yang burung ini miliki menjadi sebuah masalah, yaitu racun yang mereka konsumsi akan tercampur pada daging mereka.

Racun yang telah tercampur pada daging burung puyuh pun tidak akan hilang walaupun sudah di masak. Akibatnya telah banyak orang yang mengalami keracunan bahkan mati setelai memakan daging burung puyuh. Oleh karena itu kita perlu waspada jika ingin mengkonsumsi daging burung puyuh ya.

Jamur


Semua pasti sudah pernah melihat jamur, bahkan sudah ada yang pernah makan jamur. Tetapi tidak semua tahu tentang jamur. Tumbuhan yang tidak memiliki klorofil ini merupakan tumbuhan heterotrof yang hidup sebagai parasit. Jamur biasanya hidup pada sisa makhluk lain yang sudah mati, misalnya pada tumpukan sampah, serbuk gergaji kayu, atau pada batang kayu yang sudah lapuk.

Bahan makanan yang memiliki cukup penggemar ini karena memiliki rasa yang lezat, karena memilik beragam jenis dan harga yang mulai dari yang mahal hingga yang murah. Jamur terdapat 2 kategori, yakni jamur yang beracun dan tidak beracun. Biasanya jamur yang kita lihat di pasaran itu jamur yang dapat kita konsumsi.

Rata –rata orang tidak mengetahui jika jamur yang biasa kita makan dalam kondisi tertentu juga dapat berubah menjadi jamur yang beracun. Hal ini akan terjadi jika jamur yang kita konsumsi sudah tidak dalam keadaan segar dan juga rusak akibat pengemasan yang salah. Karena tanaman ini tidak memiliki klorofil yang membuat jenis sayuran ini akan mudah sekali rusak jika terkena udara. Dan saat itulah bakteri mematikan akan terbentuk yang disebut Botulinum.

Bakteri ini biasanya sering ditemukan pada saluran pencernaan hewan dan merupakan salah satu neurotoxin atau racun yang dapat melumpuhkan sistem saraf. Jika jamur tidak di simpan dengan baik juga akan menghasilkan bakteri dan jika kita mengkonsumsinya akan menyebabkan kelumpuhan pada otot dan juga kesulitan bernafas.

Kacang Merah


Kacang merah adalah salah satu jenis tanaman yang masuk dalam kelompok polong –polongan bersama dengan kacamng hijau, kedelai, dll. Kacang merah juga terbagi menjadi tiga jenis, yaitu kacang merah kecil, sedang dan besar. Kacang merah bisanya sering di manfaatkan sebagi bahan sop, karena kacang merah mengandung potasium yang tinggi, serat, antioksidan folat, zat besi, dan beragam mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dengan mengkonsumsi cukup kacang merah, seseorang mampu menurunkan resiko dari berbagai penyakit yang dapat membahayakan nyawa dan juga dapat membantu kita jika ingin mendapatkan tubuh yang ideal. Selain memiliki gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, kacang merah juga memunyai racun alami yang disebut dengan fitohemaglitinin. Karena terdapat racun yang terkandung dalam kacang merah, maka tidak di sarankan untuk kacang merah dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Perlu dilakukan pemasakan yang sangat baik untuk dapat menurunkan kadar racun yang terdapat dalam kacang merah tersebut. Namun jika pemasakan kacang merah yang kurang sempurna juga dapat meningkatkan toksisitas dan membuat lebih beracun bila di bandingkan dalam keadaan mentah.
Gejala yang akan dialami jika kita keracunan zat ini yaitu akan menimbulkan gejala mual, muntah, dan juga nyeri perut yang desertai diare. Jadi sebenarnya kacang merah sangat aman untuk di konsumsi, namun kita perlu mengetahui cara mengolahnya dengan benar.

Sahabat aneh tapi nyata didunia berikut penjelasan tentang Makanan Sehari -hari Yang Mengandung Racun dan Dapat Membuat Manusia Mati. Semoga dari informasi ini bisa bermanfaat dan menjadikan kita untuk lebih teliti dan waspada dalam memilih makanan yang aman untuk kita konsumsi.

Artikel yang diatas tentang makanan yang kita makan setiap harinya ternyata bisa juga meracuni manusia dan bisa juga mematikan, untuk para sahabat di aneh tapi nyata didunia terdengarnya cukup mengerikan bukan, padahal makanan tersebut kita sering konsumsi setiap harinya.

Referensi :
www.http://listverse.com/2018/05/14/10-foods-we-eat-that-may-lead-to-poisoning-or-death/

Comments